5 Karakteristik Desain Rumah Minimalis Modern

Siapa yang tidak tergiur memiliki rumah minimalis? Kesan simpel di rumah ini sudah berhasil memikat banyak orang. Salah satu desain minimalis yang sering diterapkan ialah desain minimalis bergaya modern. Bila ingin membangun rumah rumah minimalis modern, kita harus tahu seperti apa karakteristiknya. Dengan begitu, kita akan mudah mengonsultasikannya dengan kontraktor kita. Simaklah 5 karakteristik minimalis modern berikut ini!

  • Bentuk Bangunan yang Sederhana Namun Tetap Berfungsi Efektif

Banyak blueprint rumah minimalis modern yang dibuat dengan simpel, efektif, serta efisien. Perencanaan rumah seperti ini membuat blueprint dapat dipahami dengan jelas. Letak-letak setiap ruangan dapat diperkirakan dan tidak sulit dibentuk. Rumah minimalis ini juga memiliki bangunan yang sederhana. Begitu pula dengan lantai, atap, dinding interior, serta ruangan penyimpanannya. Selain itu, rumah minimalis modern menekankan pada pemandangan rumah serta cahaya alami. Pintu dan jendelanya tidak memiliki desain yang rumit. Secara keseluruhan, desain rumah minimalis modern menghindari banyaknya dekorasi di dalam maupun di luar rumah. Struktur bangunan juga menghindari bentuk lengkungan yang sudut yang kompleks.

  • Pelapis dan Cat Dinding yang Tidak Rumit

Ciri lainnya pada desain rumah minimalis modern adalah penggunaan pelapis dinding yang simpel. Tekstur dan material yang terdapat pada pelapis dinding dapat menampilkan daya tarik visual pada rumah.

Pada rumah minimalis di atas, terlihat sebuah pelapis dinding yang menampilkan daya tarik pada fasad rumah. Terdapat kombinasi warna abu-abu tua pada bagian atas rumah serta warna putih pada bagian bawah rumah. Kedua pelapis ini juga memiliki tekstur yang berbeda. Bagian bawah memiliki tekstur garis-garis yang lebih lebar dibanding tekstur garis-garis pada bagian atas.

  • Bersih, Terbuka, Mendapatkan Cahaya yang Cukup

Lantai yang terbuka diantara ruang tamu dan bagian luar rumah membuat rumah minimalis memperoleh cukup cahaya alami. Sementara itu, desain rumah minimalis modern juga memiliki warna dinding yang cerah. Bagian dekorasi rumah tertata dan menciptakan suasana bersih. Rumah minimalis modern juga menggunakan pilihan warna-warna netral yang digabungkan dengan sedikit warna mencolok. Desain modern ini membuat rumah minimalis memiliki suasana yang tenang dan nyaman untuk ditempati.

Ruangan luas dengan cahaya yang cerah menciptakan suasana hangat pada rumah minimalis modern. Selain itu, rumah ini juga memiliki keindahan dari dekorasi yang minim. Hanya furniture dan aksesoris yang penting saja yang diletakkan di rumah ini. Tidak heran, kita akan merasa lega menempatinya.

  • Furniture Rumah yang Simpel dan Dekorasi yang Minim

Bagian interior rumah minimalis modern juga memiliki barang-barang yang desainnya sederhana. Contohnya seperti lemari, tangga, serta hiasan rumah. Pada gambar di atas, lemari menyatu dengan dinding sehingga menciptakan permukaan yang datar. Selain itu, barang-barang yang terlihat di luar tidaklah terlalu banyak. Kitapun tidak akan terdistraksi secara visual ketika berada di dalamnya. Hanya terdapat satu tempat khusus di lemari yang berfungsi sebagai rak pajangan.

  • Penggunaan Bahan Material dan Tekstur yang Menarik

Ruang tamu pada gambar di atas memiliki tekstur dan pola yang banyak. Misalnya seperti pola garis-garis yang terdapat pada bantal sofa dan bagian lantai. Sementara itu, material kayu digunakan pada bagian lantainya. Selain itu, material kayu juga terdapat di bagian dinding, namun tidak dominan. Penggunaan kayu pada ruangan ini membuat tampilan rumah menjadi menarik karena adanya kombinasi dengan dinding beton putih. Secara keseluruhan, tekstur dan bahan material di ruangan ini membuat ruangan terlihat dinamis.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *