Kisaran Harga Aki Motor Bekas dan Tips Pembeliannya

Aki merupakan spare part dalam sebuah motor yang memang memiliki fungsi sebagai sumber penghidupan daya dari mesin motor ataupun kelistrikan dari motor tersebut. Pentingnya peranan part yang satu ini dalam sebuah motorlah, yang mewajibkan kita untuk harus selalu menjaga fungsi dari aki motor tersebut. Aki motor sendiri, sebetulnya memiliki tenggang waktu penggunaan antara 1 hingga 2 tahun penggunaan, namun demikian aki motor tetap dapat Anda gunakan dengan jangka waktu lebih dari waktu tersebut, jika Anda melakukan perawatan pada aki dan motor yang Anda gunakan secara lebih maksimal. Jika memang aki sudah tidak dapat digunakan dan sering mengalami drop, maka penggantian aki pun harus segera Anda lakukan, agar nantinya tidak berpengaruh pada fungsi dari part lainnya. Harga aki motor  baru yang terlalu tinggi, terkadang menjadi keluhan tersendiri bagi para pengguna motor untuk dapat melakukan penggantian part tersebut.

Untuk mengatasi tingginya harga aki inilah, kemudian muncul solusi yang mungkin dapat Anda gunakan untuk tetap menjaga fungsi dari aki serta part lain dalam motor Anda dapat berjalan dengan optimal, yaitu dengan menggunakan aki motor bekas layak pakai, untuk dapat Anda aplikasikan dalam motor kesayangan Anda. Pada umumnya aki bekas ini, akan banyak disajikan oleh berbagai toko aki yang ada dengan banderol harga yang bermacam, tergantung pada voltase aki, jenis aki serta kondisi secara menyeluruh dari aki tersebut.

Aki dalam kondisi setengah pakai yang akan Anda beli tersebut, memang memerlukan perhatian khusus dalam memilih dan melakukan pembelian didalamnya, sehingga nantinya aki yang Anda pilih masih memiliki kondisi yang baik secara menyeluruh. Berikut ini beberapa tips dalam memilih aki bekas yang mungkin dapat Anda jadikan referensi dalam memilih dan membelinya untuk Anda aplikasikan pada motor kesayangan Anda, yang antara lain adalah:

  • Lakukan pengecekan pada fisik aki, seperti kondisi cover aki, kondisi pole atau kepala positif dan negatif pada aki, gelembung pada aki. Pastikan bahwa semua bagian luar pada aki tersebut utuh dan berfungsi secara normal.
  • Periksa voltase dari aki tersebut, jika Anda memilih untuk membeli aki dengan besaran voltase asli 12 volt, maka untuk aki bekas yang Anda pilih pastikan masih memiliki kekuatan voltase sebesar 10,5 volt, dimana hal tersebut mengindikasikan aki masih dalam kondisi yang pantas pakai.
  • Check kadar air pada aki, dan pastikan Anda memilih aki yang masih terisi air dengan baik.
  • Pastikan pula harga aki motor bekas tersebut, masih dalam ambang batas harga yang wajar, dibanding dengan versi barunya.

Aki motor bekas inipun kini tidak hanya dapat Anda miliki, dengan melakukan pembelian pada toko aki terdekat dengan domisili Anda, namun berbagai situs jual beli online terpercaya pun, juga menyediakan fitur khusus yang memungkinkan para penjual aki bekas untuk dapat bertransaksi dengan para pembeli mereka, melalui situs jual beli online tersebut. Yang perlu Anda perhatikan ketika membeli melalui situs jual beli online ini adalah sistem pembayaran, dan pastikan Anda menggunakan sistem COD agar dapat melihat kondisi aki secara menyeluruh.

Jika Anda khawatir dan tidak mantap dengan membeli aki bekas, maka pilihan pembelian aki baru melalui situs belanja online terpercaya di Indonesia pun dapat Anda lakukan, dimana harga aki motor baru yang akan Anda beli dapat Anda miliki dengan sistem pembayaran cicilan, sehingga akan lebih mempermudah dan memperingan budget pembayaran aki baru yang Anda butuhkan.

(Visited 26 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *