Wajib Tahu! 5 Gejala Kucing Sakit Perut yang Harus Segera Ditangani

Ketika memutuskan untuk mempunyai hewan peliharaan, tentu Anda sudah siap dalam berkomitmen merawatnya. Kesehatan kucing perlu diperhatikan. Akan tetapi, apabila kucing terlanjur sakit, maka amatilah ciri-ciri kucing sakit beserta gejala yang dialaminya. Sakit perut adalah gangguan kesehatan yang umumnya terjadi. Inilah gejala yang dialami jika kucing anda sakit perut:

  • Mual dan Muntah

Mual dan muntah sering menjadi gejala umum saat sakit perut. Sungguh hal ini tidak nyaman. Sama halnya dengan kucing yang mengalami sakit perut. Si kucing harus menahan sakit, kemudian ditambah dengan gejolak tidak enak di perutnya dan mengakibatkan rasa mual, bahkan bisa muntah. Jika kucing sudah lemas, maka bisa saja ia sedang sakit perut.

Umumnya, banyak orang menyadari bahwa kucing sakit ketika ia sudah muntah. Jika sudah demikian, berilah minuman hangat berupa susu hangat agar stamina kucing membaik dan tubuhnya hangat. Bersihkan pula lingkungannya agar kondisinya tidak semakin parah. Berikan selimut untuknya. Segera periksakan ke dokter untuk mengetahui penyebab pastinya.

  • Tidak Kuat Berdiri

Kucing yang sedang merasakan sakit perut akan lebih sering terkulai lemas. Dalam kesehariannya, ia tidak kuasa untuk berdiri meskipun sekadar makan atau minum. Nafsu makan juga berkurang, bahkan hilang. Hal ini sangat mengkhawatirkan jika tidak segera ditangani. Berikan minum terlebih dahulu dan periksakan ke dokter hewan.

  • Diare

Diare termasuk salah satu gejala kucing sakit perut. Sakit pada bagian perut ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, di antaranya virus, bakteri, makanan dan minuman tidak higienis, dan sebagainya, yang pada akhirnya menyebabkan diare. Kucing yang terkena diare cenderung lemas, karena perutnya sakit dan tidak nyaman.

Aktivitasnya juga tidak nyaman karena harus bolak-balik untuk BAB. Lama kelamaan, jumlah cairan dalam tubuhnya bisa berkurang dan mengalami dehidrasi. Ternyata gejala kucing sakit perut itu banyak macamnya. Ketika sudah diare, Anda bisa memeriksakannya ke dokter hewan agar mendapat penanganan tepat.

  • Perut Mengembung

Pernahkah kucing Anda sakit perut dengan kondisi perutnya yang mengembung? Hal ini sangat dikhawatirkan apabila terjadi, karena gejala ini timbul jika kondisi sakitnya sudah parah. Jika perutnya sampai mengembung, maka kondisinya harus segera ditangani. Perut yang mengembung ini bisa disebabkan oleh angin, virus, atau bakteri.

Sebagai penanganannya, segera periksakan kondisi kucing Anda ke dokter agar segera mendapat pengobatan yang tepat. Anda juga bisa mengetahui penyebabnya, sehingga ke depannya bisa menanggulangi penyebabnya. Lakukanlah upaya perawatan yang tepat demi kesehatan kucing Anda.

  • Mulut Berbusa

Gejala selanjutnya adalah mulut yang berbusa. Kucing yang sedang sakit perut dan mulutnya berbusa, pasti mengalami gangguan kesehatan yang serius. Gangguan pencernaan yang dialaminya bisa mengakibatkan keluarnya busa di mulut kucing. Langkah penanganan harus segera Anda lakukan agar tidak semakin parah.

Untuk kondisi seperti ini, alangkah baiknya segera bawa kucing Anda ke dokter agar diperiksa dan diketahui penyebabnya. Cara pengobatan yang tepat juga dapat diberikan kepada si kucing. Hal ini bisa mempercepat kesembuhannya. Selanjutnya, masa penyembuhan bisa dilakukan di rumah dengan pemantauan secara berkala.

Itulah beberapa gejala yang dialami kucing ketika sakit perut beserta dengan penjelasannya. Ciri-ciri kucing sakit perut bisa dikenali plus dengan gejalanya. Karenanya, Anda bisa dengan mudah memahaminya dan tidak terlambat dalam menyadari kucing sakit. Anda harus menanganinya dan memberikan perawatan yang optimal, termasuk memperhatikan kondisi lingkungan.

(Visited 23 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *